Hakekat Ponokawan Versi Sudjiwotedjo

Kalau ndak punya uang untuk hiasan dinding, ndak usah beli wayang ponokawan Petruk, Bagong, Gareng dan Semar.

Ponokawan: Semar, gareng, petruk ,Bagong.

Karena keempat-empatnya itu sudah ada di dalam dirimu. Mereka menemanimu. Mereka menerangimu. Keempatnya mendampingimu sebagaimana mereka mendampingi lakon utama pewayangan. Mereka mendampingimu dalam melakoni kehidupan.

Maka disebut ponokawan, pono = terang atau menerangi, kawan = sekawan atau empat. Empat teman yang menerangimu, ponokawan, bukan punakawan seperti disalahkaprahkan, karena puna tak ada artinya.

Gareng kakinya cacat. Jalannya pincang. Perlambang kehati-hatian. Bila kamu sedang berhati-hati, maka yang sedang bicara banyak dalam dirimu adalah Gareng. Di depanmu ada perempuan bergaun, dan kamu bertanya apakah itu kedok sebagaimana topeng, krn hakikat gaun dan topeng sama-sama kedok. Saat itu yg dominan bicara padamu adalah Gareng.

Petruk badannya serba kendor. Pertanda ia woles. Bila perempuan di depanmu itu tak memakai gaun untuk kedoknya tetapi kebaya atau yg lainnya, ia pun tak peduli. Ia akan tetap Mesam-mesem dan easy going.

Bagong seperti bentuk tubuh dan matanya. Orangnya polos. Goblok tapi pertanyaan-pertanyaanya selalu mendasar, ibarat pertanyaan anak kecil yang sering mendasar dan bikin repot kakak-kakak atau orang tuanya. Bagong misalnya tak akan mempersoalkan gaun dan topeng perempuan di depanmu, tapi bertanya knp sih perempuan itu harus ada.

Bagaimana komposisi kemunculan Gareng-Petruk-Bagong dalam dirimu? Setiap situasi dan kondisi berbeda-beda.

Saat habis putus cinta maupun PHK mungkin Gareng lebih dominan. Namun, tak selalu demikian adanya, bisa jadi, pada orang lain, dalam sikon yang sama, malah Bagong yang lebih dominan.

Siapa yang mengatur komposisi itu?

Semar dalam dirimu !

Siapa tahu, puasa (atau laku lainnya) adalah cara Tuhan menampilkan Semar yang ideal dalam diri kita masing-masing agar bisa menjadi moderator yang baik untuk meracik komposisi Gareng-Petruk-Bagong dalam diri kita pada setiap situasi dan kondisi.

Sumber: Sujiwo Tejo – 

Author: nandonurhadi

Menyediakan info-info untuk anda dalam berbagai kategori. Yang insya allah bermanfaat untuk kita semua ;)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s