Apa Bedanya Reach, Exposure dan Impressions di Twitter

Magelang,  Nandonurhadi- Hari ini teman-teman saya di Social Media Strategist Club punya diskusi menarik.

Tentang apa? Yang kami bahas ini seputar matriks social media yang biasa digunakan oleh para digital marketer.

Dalam praktek pemasaran digital, ada 3 matriks yang umum digunakan.  Diantaranya,  Exposure, Impressions, dan Reach. Apa bedanya?

Menurut definisi yang saya kutip dari Tweet Reach,  Rabu (27/5).

“Reach is the total number of estimated unique Twitter users that tweets about the search term were delivered to.”

Reach atau jangkauan adalah matriks yang biasa digunakan untuk menghitung jumlah total perkiraan pengguna Twitter unik (dihitung per userID) yang ikut nge-tweet mengenai suatu “kata kunci pencarian” tertentu.

Berbeda dengan  Exposure. Masih menurut sumber yang sama,  secara definisi

Exposure is the total number of times tweets about the search term were delivered to Twitter streams, or the number of overall potential impressions generated.”

Exposure atau yang dalam bahasa Indonesia biasa disebut dengan terpaan (noun: istilah media informasi) , adalah matriks yang biasa digunakan untuk mengetahui berapa kali Tweet
materi kata kunci pencarian/search terms tertentu yang kita sampaikan tersebar melalui kanal Twitter (Twitter Streams).

Dengan kata lain, Exposure adalah jumlah rata-rata potential Impressions yang berhasil didapatkan.

Sedangkan Impressions adalah matriks yang biasa digunakan untuk mengukur seberapa banyak (potensial) orang yang melihat sebuah Tweet dengan topik tertentu yang sudah kita sebarkan melalui Twitter. 

Mengapa kita harus menyertakan kata potensial? Karena walaupun Anda memiliki 1000 follower mengikuti akun Anda atau Tweet tadi tersebar viral hingga ke 100.000 akun organik lain,  tidak ada jaminan bahwa di saat yang sama mereka juga sedang online dan melihat informasi yang kita sampaikan via Twitter.

Tidak ada jaminan bahwa sebuah akun online melulu 24 jam sehari 7 hari seminggu,  bukan?

“Jelaskan pakai gambar dong, Nan!”

Perhatikan gambar yang saya kutip dari tweetreach berikut ini:

image
Reach vs Exposure vs Impressions | Sumber gambar: tweetreach

Semoga hal-hal definitif terkait digital marketing metrics yang saya catat di sini juga berguna buat Anda yang membacanya ya.

Siapa tau suatu saat saya lupa, saya tinggal buka lagi catatan terkait hal ini di sini. Di postingan blog saya sendiri.  Haha..

Advertisements

Author: nandonurhadi

Menyediakan info-info untuk anda dalam berbagai kategori. Yang insya allah bermanfaat untuk kita semua ;)

One thought on “Apa Bedanya Reach, Exposure dan Impressions di Twitter”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s