Visualisasi Social Media Network di Linkedin

Hai, selamat pagi….

Sebenarnya, memberi sapaan selamat pagi di internet itu (mungkin saja termasuk hal yang) agak absurd.

Mengapa? Saya sendiri, tak terlalu mempermasalahlan apakah sebuah tulisan di internet yang saya baca itu…

…ditulis di pagi hari bersama dengan secangkir kopi dan sepotong roti.
…ditulis di suatu siang yang panas sambil menunggu food delivery dari GO-JEK.

… atau malam hari, sepulang mencari nafkah.  Sehabis mandi air hangat, di kamar dengan lampu temaram dan penulisnya menulis-yang-terpikir menceritakan apa yang menurut dia penting hari ini. 

Saya termasuk orang yang gemar mencatat. Hampir setiap hari saya menemukan sesuatu hal yang memang layak untuk dicatat untuk kemudian dibaca ulang atau malah dibagikan manakala suatu saat nanti diperlukan. 

Nah, kemarin saya bereksperimen. Mencoba memetakan jaringan orang-orang yang terhubung dengan saya via linkedin.

Dari visualisasi jaringan tersebut kita bisa mengetahui bagaimana pola kita terhubung dengan orang lain via jejaring sosial yang pertama kali digagas Reid Hoffman itu.

Dekat dengan siapa saja, si x berteman juga dengan siapa, tata letak berdasarkan industrinya masing-masing dan sebagainya.

Berikut tampilan network graph akun linkedin yang saya punya:

 

Visualisasi Jaringan (Network visualization) akun Linkedin Nando nurhadi per 24th Mei 2015

By the way, adakah namamu di gambar itu? Kalau belum, silakan bagi teman-teman yang mau terhubung dengan saya via linkedin bisa terhubung satu sama lain di halaman berikut: Linkedin @nando_nurhadi
Well, I would be glad to stay in touch with you.

   
 

Author: nandonurhadi

Menyediakan info-info untuk anda dalam berbagai kategori. Yang insya allah bermanfaat untuk kita semua ;)

Leave a Reply

