Review “Bakmi Jowo Bung Jhon”: Bakmi Jawa Ini Menurut Saya Paling Sedap di Semarang

Semarang, @nando_nurhadi – Salah satu kuliner khas yang bakalan Anda temui saat berkunjung ke kawasan Tengah adalah bakmi jawa.

Mie basah kuning, yang direbus dadakkan bersama ayakkan telor, aneka bumbu, sayur, suwiran ayam dan sentuhan akhir taburan bawang merah goreng jamak dijajakan di berbagai tempat semenjak menjelang maghrib hingga malam hari.

Namun, saya percaya: Beda tangan (pemasak), beda pula kualitas rasa yang tersaji.

Semua orang bebas memilih langganannya masing-masing. Demikian pula saya. Dan menurut saya, yang bakal kita ulas di artikel kali ini layak jadi favorit Anda juga.

 

Datang sebelum warung buka: Bakmi Bung Jhon Karang Wulan Barat I depan Gereja. Buka sedari pukul 17.00 sore hingga habis di malam hari sekitar pukul 22.00 WIB | Foto oleh: Nandonurhadi

 
Aneka Sate di “Bakmi Bung Jhon”. Aneka sate ayam, jeroan, dan uritan yang layak jadi teman menikmati mie jawa sebagai kuliner malam | Foto oleh: nando nurhadi
 
 
Suasana di “Bakmi Bung Jhon” | Kata mbak Santhi Serad dari ACMI (Aku Cinta Masakkan Indonesia) Karena berada di kawasan Brumbungan, Bakmi yang satu ini juga biasa dikenal dengan sebutan bakmi jowo Brumbungan. Foto oleh: @nando_nurhadi

Soal harga, warung ini termasuk sesuai dengan pasaran. Wajar-wajar saja jika dibandingkan warung lain sejenis. Bakmi jowo godhog, nyemek (kuah yang lebih sedikit) dan nasi ruwet tersedia di warung ini dengan kisaran harga Rp 15.000,00 seporsi (per April 2015).

Untuk minuman tersedia es teh, es jeruk dan perasan jeruk murni. Dengan harga yang wajar pula.

image
Bung Jhon di masak di atas tungku arang

Untuk aneka sate, dijual Rp 6.000,00 per tusuknya.

Sebenarnya, aneka sate ini juga sudah matang dan aman untuk dimakan langsung. Namun, saya biasa minta agar sate tersebut dibakar dan di-kepyuri perasan jeruk nipis.

Kemudian, saya tambahi dengan untaian taburan kecap manis sebagai pelengkap. Biar makin sedap!

Dari deretan harga itu, maka saya merekomendasikan budget di kisaran Rp 30.000,00/kepala sudah termasuk minum dan sate.

Menu favorit saya di sini bakmi nyemek-nya. Semua citarasanya balance. Sedap tanpa perlu banyak didebat.

 

Seporsi “Bakmi Jawa Bung Jhon” dimasak nyemek (rebus dengan kuah yang lebih sedikit). Favorit! | Foto oleh: @nando_nurhadi
 
Dari teman-teman yang pernah saya ajak ke sini, belum pernah ada yang kecewa. Alhamdulillah.

Bahkan, kata salah seorang rekan dari Jakarta bakmi brumbungan ini lebih enak dibandingkan bakmi jawa langganannya di kawasan Ampera Raya.

Sepertinya Bakmi Bung Jhon ini masuk rekomendasi wajib saya untuk anda untuk dimasukkan ke daftar kuliner malam wajib cicip di Semarang.

Oh iya, sebelum lupa. Ini detail Lokasi Bakmi Bung Jhon Semarang di google maps.

Berani coba?

Author: nandonurhadi

Menyediakan info-info untuk anda dalam berbagai kategori. Yang insya allah bermanfaat untuk kita semua ;)

Leave a Reply

