Awas! Pesan Berantai Lowongan Relawan KAA 2015 Ini HOAX !

Semarang, nandonurhadi –Beberapa hari ini, beredar informasi berantai via berbagai applikasi media sosial chat seperti Blackberry Messenger dan LINE. Dalam sehari, saya bisa mendapatkan 2-3 kali pesan berantai serupa. Pesan berantai tersebut berisi kabar bahwa panitia peringatan Konferensi Asia Afrika (KAA) ke-60 membuka peluang pendaftaran relawan.

Tak hanya itu, di dalam pesan berantai tersebut relawan yang mendaftar dijanjikan iming-iming upah fee relawan sebesar Rp 300.000,00 per hari. Jumlah yang tidak kecil untuk kategori pekerjaan sebagai relawan event.

Bunyi pesan berantai yang beredar luas itu seperti ini:

“Bagi teman2 yg tertarik atau utk anak & keponakan…..

Dibutuhkan 150 person for Crew KTT Asia Afrika 18 April – 25 April. Proficient English preferred.

Fee : around 300k/day

Send your CV :

dwisatrio90@yahoo.com / 081380952320 / 087882778320

Pertanyaan dan sebagainya diajukan ke no atau alamat email yg bersangkutan ya..

Buat KTT Asia-Afrika di Bandung.

+62 811-4008-087

Mohon dibantu disebarkan kawan2 muda di bandung barangkali ada yg tertarik. Makasih.”

Panitia Penyelenggara: “Pesan berantai tersebut tidak benar ! Mohon berhati-hati jika ada info yang mengatas namakan KAA ! “

Rabu (25/3) lalu, panitia konferensi melalui akun twitter resmi mereka juga sudah melakukan bantahan.  Sudah ada klarifikasi dari panitia melalui akun twitter resmi penyelenggara Konferensi 60 tahun KAA itu di akun twitter dengan username: (@)asiaAfricaConf15

LOWONGAN KAA HOAX
Panitia Konferensi sudah membantah kebenaran informasi tersebut (25/3) . Bahkan melalui akun twitter, panitia meminta agar masyarakat berhati-hati jika ada informasi yang mengatas namakan KAA

Di kesempatan yang lain, panitia bahkan menekankan dan memberi informasi lebih lanjut dalam bentuk kultwit. Dari informasi yang kami himpun, lowongan penerimaan relawan hanya melalui dua situs resmi. Yaitu: AsianAfricanMuseum.org & sahabatmkaa.com . Terlebih lagi, patut kita garis bawahi bersama bahwa kesempatan untuk mengikuti proses pendaftaran relawan KAA 2015 sudah ditutup 11 Maret 2015 lalu.

Ini cuplikkan kultwit berisi klarifikasi yang sudah dilakukan oleh panitia penyelenggara konferensi melalui akun resmi twitter mereka yang juga dimuat per (25/3).

Berikut gambar elektronik yang memuat lowongan relawan KAA sesuai dengan apa yang dimaksud pada paragraf dan gambar cuplikan kultwit sebelumnya.

Pengumuman Resmi Open Recruitment Relawan KAA 2015

 

Pesan Berantai Diduga disebarkan sebagai salah satu modus baru pencurian data dan pencurian pulsa

Menurut informasi yang berhasil saya himpun dari berbagai sumber, beredarnya pesan berantai dengan “menunggangi” momentum KAA ini diduga memiliki tujuan yang tidak baik. Menurut keterangan salah seorang mahasiswa yang sudah terlanjut mendaftar dengan mengikuti instruksi pesan berantai tersebut mengaku bahwa tiba-tiba ia kehabisan pulsa.

Melihat dari modus operandi yang dilakukan oleh pelaku, penyebaran pesan berantai tersebut diduga untuk tujuan pengumpulan data ilegal. Karena CV, alamat email dan nomer telepon merupakan komponen data-data yang diminta untuk dikirimkan ke email si pelaku.

Tipu-tipu Relawan KAA Berujung Sedot Pulsa ?
Tipu-tipu Relawan KAA Berujung Sedot Pulsa ?

 

 

Pemberitauan Terkini dari Panitia bisa dicek di bit.ly/pojokrelawanAAC

Bantahan senada juga sudah dilakukan oleh rekan-rekan panitia Karnaval Asia Afrika. Untuk diketahui bersama, pada peringatan KAA tahun 2015 kali ini panitia memisahkan akun twitter update informasi konferensi dengan akun twitter update informasi kegiatan karnival.

Panitia Karnival KAA 2015 melalui akun twitter resmi mereka di: @AACarnival2015 menyebutkan bila update informasi terkini dari panitia Karniva KAA dapat dipantau melalui bit.ly/pojokrelawanAAC (*case sensitive, sesuaikan besar kecilnya huruf pada URL) yang akan terhubung langsung ke situs resmi karnival di http://www.asianafricancarnival.com/id/pjkrel-detail.php?id=7

Info Terkini dari panitia karnival bisa dicek di situs resmi mereka di bit.ly/pojokrelawanAAC

 

Sekian informasi yang bisa saya bagikan. Mari kita lebih berhati-hati dalam menerima dan memproses informasi. Senantiasa lakukan cek dan ricek sebelum menyebarkan informasi tertentu. Apalagi jika informasi tersebut memerintahkan si penerima pesan untuk memberikan data pribadi seperti lowongan kerja/lowongan kepanitiaan semacam ini.

Semoga bermanfaat.

Salam, @nando_nurhadi

Author: nandonurhadi

Menyediakan info-info untuk anda dalam berbagai kategori. Yang insya allah bermanfaat untuk kita semua ;)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s