Data Kepemilikan Smartphone berbagai Negara di Dunia

Semarang, Nandonurhadi Hari ini saya menemukan data menarik. Mengenai smartphone ownership di berbagai negara. Tak hanya persentase kepemilikkan smartphone, tetapi juga  cell phones, landlines, dan lain-lain.

Yang menarik (bagi saya tentunya) adalah, data ini secara implisit menggambarkan tentang bagaimana cara setiap orang dari berbagai negara “menemukkan” akses internet.

Data ini saya dapatkan dari PEW Research Centre. Sebuah lembaga nirlaba non politis yang rutin menyediakan berbagai data serta informasi yang diklaim faktual terkait fenomena sosial di Amerika dan global.

Karena saya orang Indonesia, maka dalam penjelasan singkat saya akan mencoba mengambil Indonesia sebagai highlights. Silakan Anda bandingkan dengan data yang terjadi di negara lain apabila diperlukan.

Sama dengan Anda yang membaca tulisan ini. Saya pun tidak ingin terlalu lama bertele-tele. Jadi, mari kita langsung saja memulai pembahasannya.

Smartphone belum tumbangkan cellphone

Data Smartphone vs cellphone di berbagai negara
Data Smartphone vs cellphone di berbagai negara

 

Dari data tersebut terlihat bahwa dari penggguna internet mobile di Indonesia, hanya 15% yang memiliki smartphone. Sisanya 78% mengakses internet menggunakan telpon seluluer non smartphone.

Mayoritas Dari Mereka yang punya akses internet,  juga mengakses media sosial

Pengguna Internet yang juga mengakses sosial media

Menurut data tersebut, di Indonesia 86% pengguna internet juga mengakses media sosial.

Opini Soal Musik dan Film terbanyak dibagikan di media sosial

Opini soal musik dan film menjadi yang terbanyak dibagikan di media sosial. Di Indonesia, pengguna internet yang juga  mengakses sosial media 80% diantaranya berbagi opini terkait musik dan film. 57% perbincangan seputar olahraga. Kemudian 37% soal produk yang mereka gunakan. Berikut tabelnya jika dibandingkan dengan kondisi yang terjadi di negara lain.

Informasi Terbanyak yang dibagikan via social media adalah terkait musik dan film

Karakteristik Pengguna Internet: Muda, Terdidik dan Melek Bahasa Inggris

Bagaimana karakter pengguna internet kini ? Mereka Muda, terdidik
Bagaimana karakter pengguna internet kini ? Mereka Muda, terdidik dan Mampu Berbahasa Inggris

Di Indonesia yang 24% penggunanya beberapa kali mengecek internet dan memiliki smartphone, 41% nya adalah anak muda berusia 18-34 tahun. Mereka 43% lulusan secondary education (SMA) dan 48% diantaranya melek bahasa Inggris.

What They do on the Internet?

Mereka menggunakan internet untuk kepentingan sosialisasi dan mendapatkan informasi. Di Indonesia para pengguna internet 86% menggunakan teknologi tersebut untuk bersosialisasi dengan keluarga dan teman. Terkait pencarian informasi 43% menggunakan untuk mencari info terkait politik, 44% untuk informasi kesehatan, dan 41% untuk informasi layanan publik. Sementara itu, presentase yang cukup tinggi yaitu 37% menggunakan internet untuk mencari pekerjaan, berbanding terbalik dengan penggunaan internet untuk kepentingan pembayaran yang masih rendah (ada di angka 6%), untuk memberi produk hanya 9% apalagi untuk mengambil kelas online hanya 3% saja.

Para Pengguna Internet Ini Ngapain?
What They Do on the Internet

Indonesian Loves Texting

Orang indonesia lebih suka texting daripada mengirim gambar atau video. Setidaknya menurut data yang dipublikasikan PEW berikut. Indonesia berada di peringkat ketiga survey dengan persentase 96%. Selain texting apakah orang Indonesia juga gemar mengambil gambar dan video melalui smartphone? iya dan presentasenya cukup besar yaitu sebanyak 44%. Berikut datanya jika dibandingkan dengan negara lain.

 

Latinos Love The Video Indonesian Love Texting

Indonesian use iPhone, Blackberry, Samsung Galaxy and Sony Xperia as Smartphone

PEW juga merilis brand smartphone apa yang sering mereka pakai berdasarkan negaranya masing-masing? Di Indonesia, iphone, blackberry, Samsung galaxy dan Sony Xperia jadi jawaban populer. Bagaimana dengan negara lain? Berikut daftarnya!

 

Tipikal Device yang Umum Digunakan

 

Menarik, bukan?

Semoga data ini bisa mendukung teman-teman yang membutuhkan. Terutama bagi mereka yang kini sedang menempuh skripsi atau penelitian.

 

 

 

 

Advertisements

Author: nandonurhadi

Menyediakan info-info untuk anda dalam berbagai kategori. Yang insya allah bermanfaat untuk kita semua ;)

One thought on “Data Kepemilikan Smartphone berbagai Negara di Dunia”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s