Statistik Terkait Media Sosial Per Q1 (Kuartal 1) Tahun 2015 versi Global Web Index

Semarang, Nandonurhadi- Hari ini saya menemukan data menarik terkait sosial media. Berisi statistik terkait media sosial per kuartal pertama di 2015. Data tersebut dirilis oleh Global Web Index yang berbasis di London, UK. Seperti yang saya kutip dari laporan tersebut Kamis (19/3), diketahui bahwa setiap tahun Global Web Index (GWI) mewawancarai 170.000 orang pengguna internet yang tersebar di kurang lebih 32 negara pasar sebagai responden. Responden tersebut juga memiliki rentang usia dari 16-64 tahun.

Riset tersebut dilakukan rutin di tiap kuartal tahun. Sebanyak 3000-4000 responden diambil dari tiap market sebagai sampling kuisioner. Para responden dipersilakan mengisi kuisioner yang didistribusikan GWI secara online.

Negara-negara yang ikut dijadikan tempat pengambilan sampel berasal dari beberapa wilayah. Seperti Amerika serikat, Kanada, Meksiko, Brazil, dan Argentina dari benua Amerika. China, Singapura, Jepang, India, Indonesia dan 8 negara lainnya untuk kawasan Asia dan Pasifik. Dan negara-negara seperti UEA, Inggris, Rusia,  Jeman, Spanyol, Prancis, Afsel dan 7 negara lain dari kawasan Eropa dan sekitarnya. Negara-negara yang diambil sebagai sampel memang dikenal sebagai negara dengan rakyat tergolong pengguna aktif media sosial.

Salah satu contoh data yang menurut saya menarik adalah data mengenai Top 5 Activities on Twitter, Google Plus and Facebook berikut ini:

Source: Global Web Index Report per Q1 2015
Source: Global Web Index Report per Q1 2015

Menurut laporan Kuartal 1 tahun 2015 Global Web Index tersebut, twitter banyak digunakan (42%) sebagai sumber informasi dan mendapatkan berita. Melihat trending topic menjadi hal terbanyak kedua (35%) yang dilakukan oleh pengguna. Hanya menjadi silent reader menjadi aktivitas terfavorit berikutnya (35%).

Lain twitter lain pula facebook. Facebook banyak digunakan sebagai sarana untuk saling berinteraksi dengan sesama teman. Hal ini terlihat saat mayoritas pengguna aktif facebook (70%) gemar mengeklik tombol like. Selain doyan nge-like, aktivitas terbanyak berikutnya di facebook adalah berkomentar mengenai foto dan video yang dibagikan teman (55%).

Thumbs Up For Facebook! Thumbs Down for Tumblr

Menurut sumber yang sama, para pengguna yang menjadi responden riset (laporan) tersebut paling sering akses facebook dan paling jarang mengakses Tumblr.

Global Web Index Report Q1 2015: Pengguna Internet Paling Sering Akses Facebook Paling Jarang Akses Tumblr
Global Web Index (GWI) Report Q1 2015: Pengguna Internet Paling Sering Akses Facebook Paling Jarang Akses Tumblr

Sebanyak hampir 50% pengguna media sosial mengecek akun facebooknya lebih dari sekali dalam sehari. Timpang dengan Tumblr di mana hampir 50% para penggunanya jarang mengecek akun mereka lebih dari seminggu.

Temukan statistik dan insights lain yang tak kalah menarik!  Silakan kunjungi dokumen laporan yang menjadi rujukan saya di : Global Web Index Q1 2015 Report  

 

Semoga berguna ya untuk teman-teman yang sedang mencari data penelitian, tugas akhir dan skripsi.

Author: nandonurhadi

Menyediakan info-info untuk anda dalam berbagai kategori. Yang insya allah bermanfaat untuk kita semua ;)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s