“Rekomendasi Sate Kambing Muda Brebes” RM Haji Moei Lezatnya Melegenda Sedari 1970-an

Kaligangsa, Nando Nurhadi- Hari ini saya menempuh perjalanan dari Bandung ke Semarang. Setiap saya pulang via jalur darat, lebih senang lewat daerah utara ketimbang selatan. Alasannya sederhana: Di pantura lebih banyak opsi makanan enak.

Salah satu daerah yang bakal saya lewati tentulah Brebes dan Tegal. Kesempatan ! Sudah lama tak icip-icip sate kambing langsung dari daerah di mana ia berasal.

Selain telor asin dan teh poci, Brebes dan tegal memang terkenal akan kenikmatan sate kambingnya.

Sepanjang pantura banyak sekali penjaja sate kambing. Dan tentu saja semua mengaku enak! 

Tak mau berspekulasi, maka saya putuskan untuk memention sahabat saya sesama foodie, Mas @arieparikesit. 

Terkait hal mamah-memamah referensi doi memang layak dipercaya. Pernah memimpin ekspedisi #WarisanKuliner , menjadi moderator di forum makansutra hingga menjadi organizer event acara festival jajanan bango adalah beberapa dari sekian banyak track record yang ia miliki.



Rekomendasi dari pakar kuliner nusantara, mas @arieparikesit



Langsung saja rekomendasi tersebut saya tindaklanjuti.

Rekan seperjalanan saya, @agungmoelyo tadinya sempat ragu. Apa betul tempat tersebut yang dimaksud. Kok dari luar kelihatannya sepi. Tapi, saya tetap percaya pada rekomendasi. Rekomendasi seorang teman, apalagi yang memang relevan di bidangnya, bagi saya… Lebih ampuh dari iklan.

“Lanjut gung, kita berhenti di sini.” Kataku yakin.



Sate kambing H. Moei Jalan Raya Kaligangsa Brebes

Lokasinya berada di perbatasan Brebes-Tegal. Dekat terminal Tegal. Dari Bandung ada di lajur sebelah kiri.



Saat berkunjung ke sini, dari luar tampak sepi. Sepi yang hampir saja “menipu” saya dan rekan saya @agungmoelyo

Keraguan saya perlahan-lahan sirna saat di sudut ruangan terpampang penampakkan Si Maknyus.



Mas Mulyadi, putra dari Pak Moei berfoto dengan ikon kuliner Indonesia @PakBondan



“Sate ini sudah ada semenjak saya masih kecil.”, ungkap Mulyadi yang juga putra Haji Moei 

“Di sini satenya 35rb per porsi isi 10 tusuk campur, kalau tanpa lemak (harganya) lain, 40rb per 10 tusuknya,” beber Mbak Mumun yang sehari-hari ikut meladeni para pelanggan yang datang kemari.

“Menawi gule, selangkung (kalau gule, 25rb seporsi).” Bebernya memberi “bocoran” harga.

Dari keterangan yang berhasil saya himpun, warung ini biasa buka dari pukul 08.30 pagi. Saat laris biasanya jam 17.00 sore sudah tutup. Namun, lain halnya apabila sedang sepi. Bisa-bisa sampai pukul 21.00 malam pun masih buka.

Sambil mengobrol sambil memesan. Sekitar 30 menit menunggu setelah memesan,  datang juga apa yang kami cari.



Sate kambing Pak Moei! Maknyus tenan! foto oleh @nando_nurhadi

Rekomendasi dari sesama foodie memang layak diacungi jempol ! Top markotop! Satenya empuk! Sensasi gurihnya terasa hingga ke dalam. 

Apalagi Sate disajikkan dengan menggunakan hot plate membuatnya awet panas. Saking gurihnya, bahkan tetap lezat dilahap tanpa bumbu kecap. Namun, bumbu kecap itu tetap layak dicicipi apalagi bagi anda yang menggemari sensasi manis mantap yang khas sebagai teman melahap sate kambing.

Belum ! Belum selesai …..

Gule di sini menurut saya juga wajib Anda pesan. 



Gule ala Haji Moei foto oleh @nando_nurhadi

Kuahnya begitu rendah hati. Tipis. Tapi gurih. Isinya campur aneka macam. Mulai iga, lutut hingga jerohan. Berpadu tepat bersama nasi hangat dan sate yang sudah kami pesan sebelumnya.

Mantap!

Ada satu testimoni menarik dari Agung rekan seperjanan saya itu. 

“Capek-capek nyetir jarak jauh jadi hilang , lupa capek perjalanan gara-gara makan ini !”, katanya.

Bagaimana? Tertarik mencobanya?

Author: nandonurhadi

Menyediakan info-info untuk anda dalam berbagai kategori. Yang insya allah bermanfaat untuk kita semua ;)

4 thoughts on ““Rekomendasi Sate Kambing Muda Brebes” RM Haji Moei Lezatnya Melegenda Sedari 1970-an”

Leave a Reply

