Kuliah Umum Media Industri in Digital Era: Produksi Kreatif Konten Digital Bersama Praktisi Dari NET. dan KompasTV

Bandung, Tel-U- Jumat, 21 November 2014 Fakultas Ekonomi dan Bisnis bekerja sama dengan bagian Career and Development Centre (CDC) Telkom University (Tel-U) mengadakan kuliah umum.

Bertemakan “Media Industri in Digital Era: Produksi Kreatif Konten Digital.”, kuliah umum tersebut mengundang 2 orang praktisi industri  media selaku pembicara. Pembicara pertama, Abie Besman. Abie kini bekerja di KompasTV selaku koordinator liputan. Materi yang disampaikan oleh pembicara pertama fokus membahas sisi ekonomi dan politik di media massa.

“Media jaman dulu diasumsikan semua yang dishare media akan diterima komunikannya. Sekarang berbeda! Tidak lagi seperti itu yang terjadi. Istilahnya: literasi media. Menurut undang-undang, 2.5 jam harus produk lokal. Itulah mengapa, industri media sekarang butuh tv lokal. Yang harus steril dari berita versi politik adalah pemberitaan. Industri media haruslah punya diversity of ownership dan diversity of content. Mana yang lebih dulu diutamakan? Menurut saya, media ownership. Dengan adanya media ownership yang bervariasi, tentu konten akan bervariasi. Kita tidak mungkin mengharapkan dagangan bervariasi dari pedagang yang sama.”, Ungkapnya kemudian.

Presentasi pertama juga membahas tentang bagaimana rating berpengaruh pada daur hidup media secara ekonomi. Walaupun demikian, Ia tak membantah bahwa dalam beberapa kasus suatu media terkadang mengorbankan kualitas konten demi rating. Sejauh ini, pada praktek pelaksanaan bisnis media di Indonesia rate  iklan memang ditentukan oleh tinggi rendahnya rating suatu tayangan.

Pembicara kedua dalam acara tersebut ialah Adityo Habsoro Sukoyono.  Adityo saat ini menjabat sebagai Branded Entertainment and Creative Marketing Head di PT. NET. Mediatama.

Jika pembicara pertama lebih memfokuskan materi pada sisi ekonomi dan politik media, pembicara ke dua lebih menekankan pada era konvergensi dan hal-hal mendasar dalam pengelolaan suatu media itu sendiri.

“Bukan cuma kalian kerja di tv bukan cuma kalian kerja di radio. Media adalah soal bagaimana kalian berpikir kreatif.”, Ungkap Adityo membuka presentasinya.Yang penting di sini adalah konten. Konten adalah the most important thing!”,Ungkapnya

“Bagaimana membuat konten yang bagus? Konten harus dibuat dengan sebuah idealisme. Semua tayangan NET TV kualitas HD. Dan tayangan yang dibuat harus sesuai dengan hati nurani. Mas Tama kalau liat pembawa acara roknya terlalu pendek. Dia langsung turun dari lantai 29 dan marah-marah. Kita bukan TV murahan!”, Jelasnya sembari menirukan ucapan CEO perusahaannya itu.

211114 - - Kuliah Umum Media Industri in Digital Era- Produksi Kreatif Konten Digital Bersama Praktisi Dari NET dan KompasTV
211114 – – Kuliah Umum Media Industri in Digital Era- Produksi Kreatif Konten Digital Bersama Praktisi Dari NET dan KompasTV | Foto Oleh @nando_nurhadi

“ADEX (Advertorial Expenditure) di indonesia masih kecil 29 triliun. Di Australia angkanya sudah 100 triliun. Ini peluang kalian! Yang tak kalah penting, kalian anak manajemen informatika harus tau cara memanage akun jejaring sosial. Youtube,Twitter.Facebook,G+,dan Web. “, Jelasnya saat menyinggung mengenai peluang yang ada di industri media di masa mendatang.

Tak lupa beliau menyoroti perihal pentingnya kreatifitas dalam menekuni industri media. Beliau bahkan menceritakan bahwa NET berdiri karena modal laptop dan presentasi power point. Wishnutama keliling New York, Boston, dan lain-lain demi bertemu para investor.

Sebelum acara resmi ditutup, Mas Abie Besman berpesan agar para peserta kuliah umum bersiap dengan Masyarakat Ekonomi Asean. Tak lupa beliau menekankan untuk bekerja di industri televisi yang terpenting adalah generalisasi skill. Menjadi orang yang serba bisa. Karena era media adalah konvergensi.

Sementara itu, saat pembicara kedua hanya berpesan agar kita memiliki perilaku yang baik sebagai modal yang harus dipersiapkan dalam bekerja. Ia memandang, perilaku yang baik sangat penting dalam dunia kerja. “Please, have a good attitude.”, Ujarnya singkat.

Advertisements

Author: nandonurhadi

Menyediakan info-info untuk anda dalam berbagai kategori. Yang insya allah bermanfaat untuk kita semua ;)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s