Ini Kata CEO NET. Mediatama Terkait Gambaran Industri Media di Masa Mendatang

Bandung – “Kalau kalian pingin berhasil, cintailah pekerjaan kalian. Saya berusaha mencintai apa yang saya dapatkan.”,

Kutipan di atas adalah pesan pertama yang disampaikan Wishnutama pada hari Rabu 12 November 2014 bertempat di Gedung Wahana Bhakti Pos Jl. Banda 30. Pesan tersebut disampaikan pada saat beliau menjadi pembicara utama pada collaborative talkshow: Media Today and Tomorrow.

image
Bersama Wishnutama CEO NET.Mediatama

Pesan tersebut beliau sampaikan bukan tanpa alasan. Awalnya, pria bernama lengkap Wishnutama Kusubandio itu tidak pernah membayangkan sama sekali bakal berkecimpung di industri televisi, industri yang juga membesarkan namanya.

Mas Tama, -begitu ia biasa disapa- awalnya bercita-cita menjadi seorang tentara. Sekolah kemiliteran di Military College of Vermont , Norwich University AS via jalur beasiswa pun sempat ia tekuni.

Manusia bisa berencana, namun pada akhirnya tuhan pula yang menentukan. Belum sempat menamatkan pendidikan, beasiswa sekolah militer tadi dihentikkan oleh pemerintah AS karena konflik pelanggaran HAM di Timor Timur.

“Beasiswa diputus, kalau mau lanjut opsi satu-satunya saat itu hanya: Pindah warga negara. Menjadi warga AS.”, Curhat Pria kelahiran 4 Mei 1976 itu.

Peristiwa itulah yang kemudian menyebabkan Wishnutama muda banting setir. Dari berkarir di bidang militer pindah haluan menjadi professional di industri media.

Kuliahnya di Mount Ida College, Boston mengantarkannya meniti karir di CBS semenjak tahun 1992. Karirnya di TV Amerika itu tak lama. Di tahun 1994 Wishnutama pulang ke Indonesia. Indosiar menjadi pijakkan pertamanya mencicipi industri media nasional.

“Disuruh ibu saya pulang.”, jawabnya simpel saat ditanya alasan kepulangannya itu.

“Perkembangan media di indonesia cukup menarik bagi saya. Tapi sejauh ini belum maksimal.”, bebernya kemudian saat ditanya mengenai industri media di Indonesia saat ini.

“Kalau dulu, media, radio atau TV itu hanya satu ruangan untuk nonton rame-rame. Kalau sekarang sudah berbeda. Setiap orang punya layarnya sendiri. Bapak nonton ini, ibu nonton ini, anak nonton ini si Bibi nonton ini. Tapi menurut saya, yang terjadi sekarang belum maksimal.”, ungkapnya memberi contoh tak lama kemudian.

“Multi screen dan multiplatform itu sudab terjadi dan akan semakin hebat. Di masa depan, untuk nonton tv siapa tahu tidak lagi butuh antena.”, Jelas beliau saat memprediksi masa depan media di indonesia.

“Di tahun 2012 middle up class di indonesia jumlahnya 60 juta orang. Padahal tahun 2008 baru separuhnya (berada di angka 30 juta). Di tahun 2020 diprediksi 100jt ke atas.”, Ungkapnya sembari memaparkan data.

“Indonesia dianggap begitu penting di South East Asia karena ini.”, Ungkap beliau menekankan.

“Mengapa Saya bahas ini?”, tanya beliau sembari memberi jeda.

“Dengan kemampuan ekonomi yang semakin meningkat, selera juga akan meningkat. Begitu juga dengan kebutuhan entertainment dan kebutuhan informasinya.”, Jelas beliau mengungkapkan apa hubungan hal tersebut dengan potensi yang ada di industri TV.

“TV dan radio tidak akan ditinggalkan. Menurut saya. Yang membedakannya di masa depan adalah cara engagementnya.“, Ungkap Pria yang sudah lebih dari 20 tahun malang melintang di industri media itu.

“Soal bandwith ga usah khawatir. Telco dahulu jualan pulsa. Di masa depan mereka akan jualan data. Pilihannya cuma dua. Mau sediakan kualitas layanan data yang bagus atau mati.”, Ucapnya mengaitkan perkembangan TV digital dengan tantangan yang harus dipersiapkan oleh para pelaku industri telekomunikasi.

“Bisnis media ujung-ujungnya adalah kualitas konten. Apapun prinsipnya yang terpenting adalah kualitas kontennya.”, pungkas CEO NET Mediatama itu.

Selain dikenal sebagai salah satu eksekutif papan atas di industri media, Eks petinggi di Transmedia itu juga menjabat sebagai anggota senat Telkom University (Tel-U).

Di Telkom University (Tel-U) sendiri juga terdapat Fakultas Komunikasi dan Bisnis (FKB) yang siap sedia menjawab tantangan kebutuhan SDM industri media di masa-masa mendatang.

Advertisements

Author: nandonurhadi

Menyediakan info-info untuk anda dalam berbagai kategori. Yang insya allah bermanfaat untuk kita semua ;)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s