What I am thinking right now

Mendadak, saya ingin menulis sesuatu. Atau… lebih tepatnya, menyadari sesuatu, yang kemudian saya pilih untuk dituangkan saja di sini.

Masih terngiang di benak dan pikiran saya, kata-kata Pak Johari Zein beberapa hari yang lalu.

“Milikilah ketenangan..dengan adanya ketenangan, kau akan memiliki kejernihan dalam berpikir.”

“Bagaimana caranya? Mendekatlah pada Yang Maha Kuasa.”, sambung beliau lagi.

Sejak saya bertemu dengan beliau, saya merasa ada hal yang “ganjil”. Dalam arti yang positif.

Beliau, sedikit berbeda dengan orang lain. Dan.. sepertinya, sama dengan saya. Bedanya? Sebagai orang tua, beliau sudah jauh lebih tenang.

Beliau, tenang sekali.
Ada satu hal di jumat malam itu, yang tidak banyak diketahui orang.

Dari ba’da magrib beliau belum makan, karena 3 jam kemudian harus hadir di jamuan makan salah satu klub basket yang ia sponsori.

Selesai acara, dengan ramah ia ladeni semua pertanyaan dari wartawan. Satu persatu. Sampai semua pertanyaan itu habis bersama dengan perginya si kuli tinta. Sekali lagi, padahal ia menahan lapar. Sabar sekali, ya?

Muncul pertanyaan di benak saya, mengapa ada orang bisa setenang itu? Ketenangan yang tidak biasa. Ketenangan yang jernih. Yang seolah-olah ada sesuatu yang ikut menuntun?

Malam ini, saya sudah menghabiskan 3 jam terakhir untuk meditasi, menyepi, merenung.

Dari perenungan tadi, saya mampu melihat apa yang tadinya tak terlihat. Di saat-saat yang sangat tenang seperti pukul 3.am sekarang ketenangan membawa saya mencapai titik yang lain.

Menyeimbangkan air dengan api.
Menyeimbangkan antara semangat dan perenungan.
Menyeimbangkan sengat terik semangat dengan dingin ketenangan yang sebegitu menyejukkan.

Seperti halnya kehadiran kesemua tanda baca memperindah prosa. Hidup kadang tanda seru, tanda titik, tanda koma.

Ketenangan, kesabaran, dan perenungan sepertinya memang mestinya berkawan baik dengan semangat, kecepatan, dan pengambilan keputusan.

Follow twitter penulis di @nando_nurhadi

Author: nandonurhadi

Menyediakan info-info untuk anda dalam berbagai kategori. Yang insya allah bermanfaat untuk kita semua ;)

Leave a Reply

