Bagaimana Alur Menciptakan Sebuah Produk ala CEO JNE dan Cerita Tentang JESIKA

“Dalam kacamata saya, produk adalah hasil atau solusi dari sebuah masalah. Masalah tidak ada yang nir-jalan keluar.”, Jelas CEO JNE itu saat ditanya mengenai alur proses menciptakan suatu produk.

“Berikutnya, setelah kita tahu masalah ini solusinya apa. Mari bercermin. Apakah kita punya resource.”, Sambungnya tak lama kemudian.

“Kalau sudah punya resource. Segera optimalkan.”, Kata Pembicara Talkshow Acara Ulang Tahun ke tiga komunitas ngadu ide tersebut.

Salah satu produk “nyleneh” yang berhasil diciptakan dari alur proses tersebut adalah JESIKA.

JESIKA adalah singkatan dari salah satu produk layanan yang disediakan oleh JNE, yaitu Jemput ASI Seketika.

“Tapi yang perlu diperhatikan adalah tidak semua produk langsung berujung pada keuntungan. Contohnya facebook. Mereka tidak langsung untung di tahun-tahun pertama.”, Ungkap Pak Johari memberi contoh.

“Facebook baru untung besar setelah beberapa tahun berjalan. Mari kita lihat, apakah JESIKA ini bisa mengikuti facebook (untung besar di beberapa tahun kemudian) atau tidak.”, Lanjutnya lagi.

“Ketika kita punya produk kita juga harus berpikir apa produk kita yang bisa bermanfaat bagi orang-orang sekitar.”, Jelas beliau memberikan alasan.

“Nah! Survey kami menyebutkan, banyak ibu-ibu muda pekerja yang tidak memungkinkan memberikan ASI ekslusif selama 2 tahun kepada bayi-bayi mereka. (Fenomena ini terjadi) Terutama di kota-kota besar. Di mana ibu-ibu itu sangat sibuk.”

“Kalau ini tidak diperhatikan, generasi muda kita terancam. Tidak tumbuh dengan baik, tidak sehat, tidak cerdas. Berangkat dari kepedulian itulah, peluang ini kami ambil!”, Tegas beliau disambut tepuk tangan riuh hadirin di pendopo Kota Bandung tempat acara ini berlangsung.

Follow twitter penulis di @nando_nurhadi

Advertisements

Author: nandonurhadi

Menyediakan info-info untuk anda dalam berbagai kategori. Yang insya allah bermanfaat untuk kita semua ;)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s