Pengalaman Belajar Langsung Dari Sang Pakar IT: Pak Onno W Purbo

Hari ini saya pergi ke sebuah acara yang mengundang pak Onno W.Purbo sebagai pembicara.

Nama acara tersebut adalah “Fun Multimedia Seminar”. Bertempat di sebuah tempat bernama Antropark yang berada di kawasan Dago, Bandung.

image

Sebetulnya, ini bukan kali pertama saya bertemu Pak Onno. Saya pernah bertemu beliau beberapa tahun silam di Poltek Telkom (Kini Telkom Applied Science School) di sebuah seminar Nasional ICT yang diadakan Relawan TIK Indonesia.

Waktu itu, beliau tak sendiri menjadi pemateri. Ada banyak penggiat TIK datang ke acara tersebut. Salah satunya om Nukman Luthfie. Eks Direksi Detikcom yang kini lebih dikenal sebagai pemerhati media sosial di Indonesia.

Pada perjumpaan sebelumnya, tema yang dibahas pria kelahiran RS Borromeus, 17 Agustus 1962 itu adalah mengenai open BTS.

Berbeda dengan apa yang ia ajarkan di kesempatan ini. Itulah salah satu alasan mengapa penulis tertarik datang.

Alasan lain? Bapak yang juga menyandang predikat lulusan terbaik Teknik Elektro ITB itu memang dikenal sistematis dan enak menyampaikan materi. Bahasa yang digunakan pun ringan, sehingga mudah dicerna. Mudah dimengerti.

Kembali ke topik utama.

Ngomong-ngomong, banyak hal yang pak Onno ajarkan di acara ini. Apa saja?

1. Bagaimana kiat praktis menyiapkan server multimedia sederhana.

2. Bagaimana membuat jaringan sederhana untuk live video streaming melalui perangkat mobile

3. How to make a video selfie! :p

image

Sebelum berangkat kemari, saya ingat bahwa salah satu rekan di Central Computer Improvement (CCI) yaitu Irsyad Jamal Pratama Putra, merupakan seorang fans berat tokoh IT kebanggaan Indonesia itu. Sudah lama dia mengidolakan Pak Onno.

Sehingga, motivasi penulis untuk datang ke acara ini sore tadi ada 2.

Pertama, belajar langsung dari praktisi.

Kedua, sekalian mempertemukan rekan dengan sosok yang sangat Ia idolakan.

Well done kiddo, dreams comes true!

Sekali dayung, dua..tiga pulau terlampaui.

What a great day, that was! 🙂

Follow twitter penulis di @nando_nurhadi

Author: nandonurhadi

Menyediakan info-info untuk anda dalam berbagai kategori. Yang insya allah bermanfaat untuk kita semua ;)

2 thoughts on “Pengalaman Belajar Langsung Dari Sang Pakar IT: Pak Onno W Purbo”

  1. Kenal Irsyad jamal pratama putra?
    Saya Muksin, saya butuh kontak dan alamat tinggalnya di Bandung.
    Saya punya ikatan kontrak kerja dengan Irsyad. Saya merasa dirugikan oleh dia, karena dia telah melarikan diri dari tugasnya dan memblokir nomor saya.

    Bagi yang mengetahuinya tolong infokan kepada saya di 08527773329.

    Terimakasih

    1. Sudah lama tidak bertemu irsyad pak, juga sudah lost contact, dulu sama-sama satu organisasi saja di kampus.

      Ini postingan satu tahun yang lalu, oktober 2014.

      Waktu itu saya mengajak anak ini ketemu idolanya, Onno W Purbo,
      karena saya tau dia sangat mengidolakan pak Onno.

Leave a Reply

