Cara Urus Paspor Hilang di Indonesia

Sudah ada yang pernah kehilangan paspor? Ada yang pernah mengurusnya?

Ah, alhamdulillah saya belum pernah mengalaminya. Tapi, pada kesempatan ini penulis ingin berbagi dari pengalaman yang dialami oleh orang lain.

Adalah mas Finan Akbar, seorang mutual friend teman saya di facebook yang berbaik hati menceritakan pengalamannya mengurus paspor hilang.

Ilustrasi Paspor Indonesia Sumber: http://bkpi.ung.ac.id/foto_banner/Indonesian-Passport.jpg

Bagaimana saja langkah-langkahnya? Ayo kita ikuti 11 langkah ini, cukup rumit ternyata. Perhatikanlah baik-baik!

1. Lapor kehilangan ke kantor polisi. Kalau bisa buat 2 copy asli.

2. Lapor kehilangan ke kedubes yang pernah kasih visa. Dalam kasus ini saya laporan ke US embassy via email dengan mensertakan surat laporan kehilangan dari kantor polisi.

3. Bikin BAP ke Wasdakim kantor imigrasi dengan menyertakan, fotokopi KK, KTP, akte lahir, surat nikah. Kantor imigrasi bisa mana saja. Kalo saya pilih Bekasi.

4. Setelah 3 hari dateng ke Wasdakim kantor imigrasi untuk wawancara.

5. Satu hari setelah wawancara dapet dokumen BAP.

6. Pergi ke kanwil minta tanda tangan persetujuan BAP tersebut. Karena saya di Bekasi, maka kanwil Jawa Barat ada di Jl. Jakarta no. 27 Bandung. Pengalaman saya untuk minta tanda tangan persetujuan ini makan waktu hanya 2 jam selesai. Cepat dan ramah! Balik dari kanwil membawa surat persetujuan dengan tanda tangan.

7. Kembali ke Wasdakim imigrasi membawa surat persetujuan. Kita akan diberikan slip untuk bayar denda dan biaya paspor baru. Saya kena denda 300 ribu, dan biaya paspor baru 355 ribu.

8. Bayar ke BNI terdekat.

9. Kembali ke kantor imigrasi dan ambil nomor antrian foto.

10. Foto dan wawancara paspor baru.

11. Ambil paspor baru.

Selesai

TIPS:

Jangan sekali-kali bikin paspor baru tanpa proses BAP. Rugi!!! Paspor gak jadi duit gak balik.

Author: nandonurhadi

Menyediakan info-info untuk anda dalam berbagai kategori. Yang insya allah bermanfaat untuk kita semua ;)

2 thoughts on “Cara Urus Paspor Hilang di Indonesia”

  1. gan paspor saya hilang. lapor ke kedubes yang pernah memberi kita visa via email itu entar cepet di respon gak gan?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s