Hangat Lezat Gudeg Jogja ala Warung Bu Yuni Bandung

Gudeg, kuliner khas Jogjakarta Hadiningrat. Apa itu Gudeg? Gudeg ialah sejenis sayur yang biasa dibuat dari buah nangka muda, yang dicuci bersih, kemudian dimasak dengan aneka bumbu yang khas. Dinikmati bersama dengan nasi putih hangat yang dimasak pulen.

Proses memasak Gudeg pun tidak sebentar. Membutuhkan waktu berjam-jam. Namun, karena bahan dan proses memasaknya itulah yang menyebabkan kuliner tradisional ini memiliki sifat tahan lama. Menurut pengakuan penjual gudeg yang pernah saya temui, sepanci besar gudeg masih layak konsumsi hingga 3-4 hari semenjak dimasak.

Gudeg, bagaimana rasanya? Makanan ini memiliki cita rasa manis. Biasa disajikan bersama telor ayam rebus, krecek (sambal goreng kulit sapi), dan ayam dengan kuah santan gurih. Tak lupa bersanding dengan pelengkap seperti kerupuk kerung putih dan sambal terasi.

Gudeg sangat mudah ditemui di kota asalnya, Jogja. Namun, tidak demikian jika kita sedang berada di perantauan. Di kota besar seperti Bandung misalnya.

Di Bandung, cukup sulit untuk menemukan Gudeg dengan citarasa juara. Cita rasa yang tetap membawa ciri khas dari tempat dimana makanan ini berasal.

Ada satu tempat di tanah parahyangan ini yang berhasil menjadi jawaban atas persoalan tersebut. Tempat yang saya maksud bukan tempat mewah. Justru sebaliknya. Sebuah warung petak kecil di kawasan Cikutra Bandung.

image
Gudeg Bu Yuni Cikutra

Tempat ini biasa buka sedari pukul 10.00 pagi. Dan biasa tutup di sore hari menjelang maghrib. Sekitar pukul 17.00 waktu setempat.

Untuk waktu optimal datang kemari, saya sarankan sekitar pukul 12.00-13.30 siang. Lauk sudah matang tersaji lengkap. Ayam yang biasa dipakai sebagai lauk gudeg juga masih lengkap bagian-bagiannya. Ada sayap, dada, atau paha. Masih komplit. Krecek dan telor juga masih ada.

Ingat, lewat tenggat waktu yang saya katakan itu jangan harap bisa dapat gudeg komplit.

image
Gudeg Komplit Bu Yuni Cikutra

Rasanya? Sedap nikmat! Citarasa gudegnya pas, tidak terlalu manis. Begitu pula dengan telurnya. Ayamnya gurih terasa. Kulit sapi yang digunakan untuk krecek pun lembut. Tidak alot.

Soal harga? Ah! Value for money kok. Bahkan sepiring gudeg komplit dan ssgelas es teh manis masih bisa diperoleh dengan selembar uang Rp 20.000,00 dan itu pun masih ada kembalian. Tidak ada sepeser rupiah pun yang sia-sia.

image
Interior Warung Gudeg Bu Yuni Cikutra

Warung yang walau kecil namun tetap tertata rapi dan bersih membuat saya tetap nyaman selama makan siang di tempat ini.

Bagaimana? Masih bingung harus ke mana saat mencari gudeg nikmat dengan harga terjangkau di kota Bandung?

Barangkali, suatu saat kita bertemu makan bareng di tempat ini, ya?

Gudeg Bu Yuni
JL. Cikutra 205
Seberang Sekolah Islam Al-Irsyad
Setelah Gor Citra dari arah Widyatama

Follow twitter penulis di @nando_nurhadi

Advertisements

Author: nandonurhadi

Menyediakan info-info untuk anda dalam berbagai kategori. Yang insya allah bermanfaat untuk kita semua ;)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s