New Blog: Kiat-kiat Skripsi (1)

Ditengah kesibukan saya menyelesaikan studi. Ada beberapa hal.yang ingin saya bagikan. Terkait apa yang sedang kontinyu saya kerjakan saat ini.

Tujuan dari saya berbagi adalah simple: Life does not come with manual book or instructions.

Atau dalam kalimat lain, begini: Agar lebih sedikit orang tak menempuh kekeliruan yang saya jalani. Terlambat menyelesaikan studi.

Di kesempatan kali ini, ada 3 kiat yang akan saya bahas.

1. Persiapkan skripsi sedari awal kuliah.

Pertama, saat kita mampu menentukan garis start. Penting untuk menentukkan bagaimana kita akan melalui garis akhir.

Ada hal-hal yang menurut saya, penting untuk dilakukan di awal kuliah. Namun, terlambat untuk saya lakukan.  Apa itu? Mencari informasi tentang apa yang saya pelajari sejak awal dan mengkategorikannya sesuai kajian skripsi. Sedetil-detilnya, selengkap-lengkapnya.

Jika saya berada di prodi manajemen informatika. Maka saya harus memiliki pengetahuan yang cukup bahwa opsi tema skripsi yang menjadi garis finish saya ada sekian:
-finance
-marketing
-sdm
-media dst

Kedua, yang semestinya saya perdalam di saat saya mengikuti kelas adalah memahami betul keterkaitan antar mata kuliah yang diberikan dengan keperluan tugas akhir. Dan mencatat setiap teori, jurnal, paper dan studi kasus yang dibahas dalam kelas.

Misal :mata kuliah A, teori, jurnal dan studi kasus yang dibahas akan sangat berguna untuk skripsi marketing. Mata kuliah B masuk untuk tugas akhir SDM dan seterusnya.

Tujuannya? Agar pada saat mendekati masa akhir studi alias memulai skripsi. Teori, jurnal, paper yang dikumpulkan sejak awal dapat digunakan sebagai tambahan referensi.

Faktor eksternal? Konsistensi dan kepastian kurikulum semenjak awal hingga akhir masa studi menurut opini saya, mutlak diperlukan.

2. Menjalin hubungan baik minimal dengan angkatan 1-2 tahun di atas dan di bawah

Kuliah memang tidak selayaknya SMA. Di mana hubungan emosional sesama dan antar angkatan, menurut opinj saya: lebih kuat.

Lebih banyak kesempatan berkumpul. Orientasi grup, kelompok masih mungkin berada di atas urusan individu.

Kuliah, bagi mereka yang memilih  memanglah kultur yang cocok untuk memupuk perilaku individualisme. Sisa-sisa kultur kebersamaan semasa SMA masih terasa di tahun pertama.

Setelah itu? Hilang. Tertelan kepentingan masing-masing. Kredit semester dan jadwal kuliah yang tak sama dll

Tidak semua hubungan baik dapat kita pertahankan dengan teman sejawat. Yang bertahan, rawatlah sebaik mungkin.

Tidak semua, sejak awal merencanakan sekaligus merasakan pentingnya menjalin hubungan baik dengan senior. Mulailah.

Begitupun hubungan baik dengan junior.  Keduanya sama-sama penting. Lakukanlah sedini mungkin.

Senior: Dapat membantu anda dengan pengalaman mereka. Memberikan tips yang bisa saja takkan pernah diajarkan di kelas. Informasi berbasis pengalaman seperti mengenal karakteristik dosen senior, pola pengajaran, pola bimbingan, kegiatan tahunan dll

Junior: Dapat membantu anda mengetahui dan cepat beradaptasi dengan kondisi terkini kampus. Informasi kekinian. Seperti aturan terbaru, dosen baru, rancangan kebijakan,kegiatan yang tak pernah ada di tahun sebelumnya dll.

Saat mengerjakan skripsi, tak menutup kemungkinan akan akrab dengan dosen baru. Dosen yang saat awal masuk kuliah belum ada di kampus.

3. Kenali karakteristik dosen sejak dini dan segera menyesuaikan diri

Yang perlu ditekankan di sini adalah, pola pengajaran tidak persis sama dengan pola bimbingan.

Dosen yang ngajarnya enak, belum tentu bimbingan juga enak. And..vice versa.

Kenali kebiasaan-kebiasaan dosen dan menyesuaikan diri sedini mungkin.

Ada dosen yang mau bimbingan di hari-hari tertentu. Ada yang fleksibel soal itu. Ada dosen yang membebaskan tema skripsi. Ada yang sudah sejak awal mempersiapkan tema tertentu untuk mendukung riset atau pekerjaannya di luar kampus

Bahkan sampai ke hal-hal sepele semacam jika bimbingan dengan mahasiswi; apalagi cantik akan lebih cepat acc. Dinamika seperti ini, ada.

Sekian, sambung lain kali. Salam toga.

Author: nandonurhadi

Menyediakan info-info untuk anda dalam berbagai kategori. Yang insya allah bermanfaat untuk kita semua ;)

Leave a Reply

