Penelitian: Pelajar Yang Begadang Cenderung Miliki Hasil Tes Yang Lebih Buruk

Bingung antara belajar hingga larut malam agar siap menghadapi ujian atau tidur saja?

Sebelum menentukan sikap, ada baiknya kita menyimak ulasan berikut ini.

Peneliti dari University of California, Los Angeles (UCLA) menuturkan remaja yang begadang hingga larut malam untuk belajar cenderung memiliki masalah akademik di keesokan harinya, serta memiliki hasil tes yang lebih buruk.

Hasil studi menunjukkan anak-anak yang tak mendapatkan jam tidur cukup berisiko tidak hanya lebih mungkin memiliki masalah dalam memahami pelajaran di sekolah,  tetapi juga tidak akan optimal dalam melakukan tes, kuis atau pekerjaan rumah.

Penelitian ini melibatkan 535 siswa dari sekolah menengah atas di Los Angeles.

Siswa ini diberikan buku harian untuk mengetahui berapa banyak jumlah waktu yang dihabiskan untuk belajar, tidur di malam hari serta adakah masalah akademik di sekolahnya.

“Jika Anda benar-benar mengorbankan waktu tidur untuk terus menerus belajar, maka hasilnya tidak akan seefektif yang Anda pikirkan. Kondisi ini bisa benar-benar menjadi kontraproduktif,” ujar penulis studi Andrew J Fuligni, profesor psikiatri dan ilmu biobehavioral dari UCLA, seperti dikutip dari Healthland.Time.

“Mengejutkan! kami melihat ketika mereka memaksa begadang untuk belajar maka waktu tidur berkurang dan kondisi ini membuatnya lebih sulit memahami apa yang dipelajari,” Ungkap Fuligni.

Peneliti menekankan bahwa hasil studi ini tidak mendorong remaja menghabiskan waktu lebih sedikit untuk belajar. Namun, para siswa ini diharapkan memiliki manajemen waktu yang baik secara menyeluruh sehingga ia tidak kurang tidur tapi tetap berprestasi di sekolah.

Untuk itu peneliti mengungkapkan jika siswa ingin memiliki nilai atau prestasi akademis yang baik maka belajar hingga larut malam harus dihindari.

Hasil studi ini kemudian diterbitkan ke dalam jurnal Child Development yang salah satunya dipublikasikan melalui online library wiley.

Sumber: http://onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1111/j.1467-8624.2012.01834.x/abstract

Advertisements

Author: nandonurhadi

Menyediakan info-info untuk anda dalam berbagai kategori. Yang insya allah bermanfaat untuk kita semua ;)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s