Hari ini, aku “pulang”

Hari ini, aku pulang. Bukan pulang biasa. Pulang dari segi spritual.

Sudah lama sekali tak mengaji dan mendalami. Hingga sore tadi sesudah senja habis. Setelah solat maghrib. Di kampus.

Setelah solat berjamaah, aku menepi. Lalu tak seberapa lama dia buka gadgetnya. Mau ngetwit kukira.

Bukan,

Ternyata buka alquran. Quran digital. Dia mengaji. Kudengar alunannya terbata-bata.

“Tadjwid mu belum lancar?” , tanyaku. Dia hanya menjawab dengan gelengan kepala singkat.

Ini seharusnya dibaca begini, ini dengung, ini 6 harakat panjangnya.(mad asli ketemu alif, mad wajib. Kataku dalam hati). Lalu perlahan aku baca bagaimana seharusnya ayat itu dibaca.

Tanpa kusadari, aku mengaji lagi setelah sekian lama. Ngaji bersama. Suatu hal yang sudah sangat lama sekali tidak kulakukan.

Terima kasih Tuhan, terima kasih teman. Kamu berhasil membawaku “pulang”, secara spiritual. Pada dirinya aku melihat sosok Ainun milik Habibie, yang juga rajin mengaji. Dan akupun hanya tersenyum.

Semoga istiqomah. Tutup batinku, yang juga tersenyum.

Author: nandonurhadi

Menyediakan info-info untuk anda dalam berbagai kategori. Yang insya allah bermanfaat untuk kita semua ;)

Leave a Reply

