Sejarah Singkat Media Online di Institut Manajemen Telkom

Sejarah singkat media online di kampus Institut Manajemen Telkom. Pada bulan Juni 2010 lahirlah akun komunitas online berbasis twitter pertama di IM Telkom bernama @InfoIMTelkom. Awalnya, akun tersebut menggunakan format group tweet. 

Group tweet adalah suatu teknologi yang ada di ranah twitter yang memungkinkan  2 hingga 100.000 pengguna mengumumkan informasi di suatu akun yang sama. Penggunaan akun ini dengan format group tweet untuk pertama kali pada saat itu diperkenalkan oleh Achmad Alkatiri @madalkatiri.

Di saat yang sama, penulis mendapatkan tugas kelompok mata kuliah Studio Content Development. Saat itu, penulis selaku ketua kelompok memutuskan untuk mengumpulkan informasi publikasi majalah dinding kampus ke dalam bentuk digital ke ranah internet. Tujuannya sederhana: agar mudah diakses kapan saja dan di mana saja oleh mahasiswa.

Kemudian dibuatlah blog  mediakampusimt.wordpress.com. Berikut arus pengunjung ke blog tersebut selama masa aktifnya mulai dari agustus 2011 hingga pindah ke kanal e-mading students.imtelkom.ac.id pada tanggal 21 Mei 2011.

 Traffic mediakampusimt

Blog tersebut memiliki arus kunjungan yang cukup tinggi sehingga berpengaruh pada Search Engine Optimation google. Blog tersebut sangat mudah ditemukan dengan kata kunci yang berkaitan dengan kampus IM Telkom. (dapat dilihat di http://instagram.com/p/WhkzPTA7u2/)

Sampai akhirnya penulis berkenalan dengan ketua CCI 2011Alvian Zulkhaihar (@alvianzul) pada bulan Mei 2011. CCI  (Central Computer Improvement) adalah Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) bagi mereka yang memiliki minat dibidang computer dan Teknologi Informasi. Saat itu CCI baru saja bangkit semenjak vakum selama kurang lebih 3 tahun.

Sampai akhirnya kami memutuskan untuk memindahkan mediakampusimt.wordpress.com ini masuk ke dalam portal students dan dibuatkan bagian khusus bernama e-mading.

Ada beberapa tujuan mengapa kami mengambil keputusan tersebut:

  1. Berdasarkan data arus kunjungan di mediakampusimt.wordpress.com ini mendapat respon yang baik sebagai penyedia informasi khususnya pemenuhan informasi mahasiswa IM Telkom.
  2. Maka dari itu, mediakampusimt sebaiknya dikelola secara organisasi agar dapat bertahan lebih lama dan memudahkan proses regenerasi pengurus,
  3. Informasi online kampus IM Telkom ini harus ditaruh di domain internet kampus sendiri yaitu yang berbasis imtelkom.ac.id, selama masih berada di luar domain kampus seperti mediakampusimt.wordpress.com maka tak akan berdampak pada webometrics kampus.

Secara garis besar

Proses pengembangan saat ini masih berlangsung. Pengelolaan news portal ini sendiri sekarang dilakukan dengan kerjasama dua organisasi. Yaitu CCI IM Telkom yang menjadi inkubator teknologi dan Jurnalistik Embun IMTelkom yang menjadi pengelola konten. Sesuai dengan pertemuan dengan BEM, CCI, Jurnalistik Embun di maret 2011.

Traffic Studentsimt Jan 2011-Feb 2012
Traffic Studentsimt Jan 2011-Feb 2012

Serbuan traffic internet tersebut yang membuat traffic webometrics IM Telkom melonjak.

Webometrics IM Telkom
Peringkat Business School Webometrics IM Telkom per Juli 2011 ( Sumber: http://business-schools.webometrics.info/rank_by_country.asp?country=id diakses Juli 2011)

Lalu….

Januari 2012

 

Peringkat 2 Nasional Webometrics Business School pada bulan Januari 2012

 

Itulah yang saat ini menjadi skripsi saya. Informasi lebih lengkap tentu ada di skripsi. Sungguh menyenangkan, bersama teman-teman bisa menciptakan teknologi canggih dan praktis yang berguna untuk jangka panjang. Lah, mengapa saya berani buka-bukaan soal traffic? sederhana: Yang terjadi sekarang melonjak tajam sekian ratus persen melebihi apa yang terjadi di periode tersebut.

Di angka berapa tepatnya? Teknologi apa lagi yang akan berkembang ke depan? Itulah rahasia saya yang baru, yang tentunya tak bisa dibagikan sekarang… Hihihi

Salam, @nando_nurhadi

 

Untuk kronologi sejarah terciptanya Students Telkom University Newsportal

SEJARAH MEDIA ONLINE DI TELKOM UNIVERSITY

Atau bisa diamati via slideshare.net

Advertisements

Author: nandonurhadi

Menyediakan info-info untuk anda dalam berbagai kategori. Yang insya allah bermanfaat untuk kita semua ;)

2 thoughts on “Sejarah Singkat Media Online di Institut Manajemen Telkom”

  1. Bangsa yang besar, bangsa yang tahu sejarahnya. Dari sejarah kita tahu kenapa sesuatu dibuat dan semangat pembuat. Mudah – mudahan semangatnya dapat dicontoh mas. 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s