Tips & Trik Perpanjangan STNK di Samsat Outlet BTM Cicadas Bandung

Hari ini bulan februari, seperti tahun-tahun sebelumnya bulan ini adalah saat perpanjangan STNK kendaraan yang setiap hari menjadi “kaki” nafkah saya: Kata Gx 98.

Setiap tahun, pemilik kendaraan wajib mengurus perpanjangan STNK di samsat terdekat. Tak hanya STNK yang bisa diurus di samsat outlet. Unit ini juga pembayaran pajak, SWDKLLJ.

Maka dari itu saya memutuskan mengurus perpanjangan dan pajak tahunan kendaraan ini di Samsat Outlet yang berlokasi di Bandung Trade Mall, Cicadas.

Pada waktu saya ke sini, lokasi samsatnya dekat dengan pintu masuk utama gedung. Lewat pintu utama depan, belok kanan dan tempat yang dimaksud ada di ujung koridor.

1. Begitu masuk, pengunjung dipersilahkan mengambil antrian.

2. Sekitar 10 menit kemudian pengunjung memenuhi panggilan pertama untuk melakukan pendaftaran. Dokumen yang diperlukan diminta, termasuk KTP sesuai dengan yang tertera pada dokumen tersebut.

Setelah selesai mendaftar, pengunjung dipersilakan duduk kembali menunggu panggilan dari petugas loket pembayaran.

3. Tak sampai 15 menit setelah pendaftaran, pengunjung dipanggil sesuai no urut dasn dipersilakan untuk melakukan pembayaran.

Tips:

a. Bawalah KTP sesuai nama yang tertera di dokumen.

b. Saat datang, persiapkan uang tunai secukupnya sesuai administrasi yang tertera di STNK Anda. Karena sampai tulisan ini ditulis, samsat online hanya melayani pembayaran tunai.

c. Tak ketinggalan satu hal yang sangat harus digaris bawahi, untuk pembayaran:

-pajak lebih dari satu tahun (tunggakan)
– penggantian STNK per 5 tahun

Hanya bisa diproses di samsat induk masing-masing wilayah.

d.Sesuai perda No.13 2011 (yang mulai berlaku 1 Januari 2012)

Untuk kepemilikan kendaraan bermotor pribadi lebih dari satu dengan nama dan alamat sama, berlaku pajak progresif.

KBM Pertama : 1.75%
KBM Kedua. : 2.25%
KBM Ketiga. : 2.75%
KBM Keempat : 3.25%
KBM Kelima. : 3.75%

“Jadwal buka Samsat Online Bandung Trade Mall Cicadas” adalah sebagai berikut:

Selain itu, pelayanan samsat online BTM dipastikan tutup pada tanggal 10 Februari 2013 sehubungan dengan hari raya imlek. Dan buka kembali 11 Februari 2013. Sesuai pengumuman resmi berikut:

Sekian info dan tips samsat outlet, khususnya outlet BTM cicadas. Semoga bermanfaat! Salam.

Author: nandonurhadi

Menyediakan info-info untuk anda dalam berbagai kategori. Yang insya allah bermanfaat untuk kita semua ;)

10 thoughts on “Tips & Trik Perpanjangan STNK di Samsat Outlet BTM Cicadas Bandung”

  1. selamat siang,
    saya adi, mau tanya mengenai pajak progresif, hari ini saya memperpanjang pajak stnk kendaran bermotor di samsat online btm. di stnk 2013 ter tera kepemilikan 1. tp kenapa di stnk tahun 2014. berubah jadi kepemilikan ke 2. saya jadi kena progresif. karena penasaran saya balik lagi ke outlet. dengan membawa fotocopy stnk yg 2013. petugas ngasih saya print out no kendaran yg msh aktif. isi ny ad 2 kendaran. satu yg sudah di jual satu lg yg saya perpanjang. pdhl sudah saya non aktif kan.. bukti ny di stnk 2013 sudah bersetatus kepemilikan 1. saya nanya ko bisa begitu ama petugas, jawaban ny petugas menyuruh menonaktifkan ke samsat kawaluyaan.. logika nya kan klo di stnk 2013 sudah kepemilikan 1, berarti saya sudah menonaktifkan no kendaraan yg sudah di jual. aneh ny saya tidak di konfirmasi mengani pajak progresif pada saat pembayaran. kata org2 klo kena progresif suka di tanya dulu oleh petugas ny.
    mohon feedback nya..
    salam hormat,
    ady

  2. Saya mau bayar pajak motor telat 2 thn dan mau menonaktifkan STNK dari motor pertama yg sudah di jual biar nanti ga kena progresif.apa ngurusnya bisa di BTM atau harus ke samsat,trus kalau boleh tau untuk biayanya kena berapa ya dan apa aja yg harus di bawa

  3. Ass kl kendaraan saya an sendiri tp pajak telat 2 tahun bukan ganti stnk bisa ngak di btm… Kl ngak di samsat induk syaratnya bawa apa aja ya.. Minta info trims

Leave a Reply

